Evaluasi Kualitas Ruang Fasilitas Untuk Pasien Jantung Di Surabaya Berbasis Persepsi Pengguna

Authors

  • Gunawan Tanuwidjaja Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra
  • Christine Wonoseputro Program Studi Arsitektur Universitas Kristen Petra
  • Sastra Budihardja Biro Pusat Pengembangan Karir, Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2014.012.02.1

Abstract

Rumah Sakit harus didesain dengan baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan paripurna. Desain Rumah Sakit harus juga lebih ramah terhadap pasien Rumah Sakit sesuai standar mutu pelayanannya. Penyebab terbanyak penyakit jantung (cardiovasculer desease) ialah atherosclerosis dan/atau darah tinggi (hypertension). Berbagai faktor yang mempengaruhi ialah usia perubahan fisiologi dan morfologi fungsi kardiovaskuler. Fasilitas Penanganan Jantung penting untuk diteliti kualitas ruang dan dampaknya pada pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai kualitas ruang Rumah Sakit Jantung (ukuran ruang dan warna). Metode dokumentasi yang dipilih ialah menggunakan Metode Visual Research oleh Sanoff (1991) dan analisis terhadap denah yang ada. Kemudian dilakukan wawancara pada keluarga pasien untuk mengetahui persepsi mereka. Hasilnya diharapkan dapat memberi masukan bagi panduan desain fasilitas Penanganan Jantung yang sesuai dengan sosial budaya Indonesia.

Kata kunci: jantung, kualitas ruang, ukuran ruang, warna, visual research,

Downloads

Published

2015-02-12

How to Cite

Tanuwidjaja, G., Wonoseputro, C., & Budihardja, S. (2015). Evaluasi Kualitas Ruang Fasilitas Untuk Pasien Jantung Di Surabaya Berbasis Persepsi Pengguna. RUAS, 12(2), pp.1–13. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2014.012.02.1

Issue

Section

Articles