Pengembangan Rumah Sederhana Sehat (RSH) Menjadi Rumah Sederhana Sehat Berwawasan Lingkungan Di Kabupaten Malang

Ary Deddy Putranto

Abstract


Kebutuhan perumahan di perkotaan semakin meningkat. Untuk itu pemerintah melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan terjangkau. Pemenuhan kebutuhan tersebut salah satunya dengan pengadaan Rumah Sederhana Sehat (RSH). Walaupun RSH diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, tetapi RSH harus layak, terjangkau, memenuhi persyaratan kesehatan, keamanan dan kenyamanan serta berwawasan lingkungan.

Tujuan studi ini yaitu mendapatkan / memperoleh hubungan antar aspek-aspek kepuasan konsumen RSH yang berwawasan lingkungan serta mengetahui tingkat kepuasan pengembang dan konsumen terhadap RSH yang dikembangkan menjadi perumahan yang berwawasan lingkungan.

Metode yang digunakan untuk mengolah data pada studi ini meliputi Analisa Deskriptif, IPA & Analisa Korelasi.

Hasil studi menunjukkan nilai jual RSH berwawasan lingkungan di bandingkan dengan RSH yang ada telah mengalami peningkatan nilai jual sebesar Rp. 3.090.389.,-. Hal tersebut dapat diketahui dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebelum dan sesudah RSH, dikembangkan menjadi RSH yang berwawasan lingkungan. Besarnya nilai jual RSH yang ada (kondisi eksisting) sebesar Rp. 37.223.863,-. Sedangkan RSH berwawasan lingkungan memiliki nilai jual sebesar Rp. 40.314.253,-. Selain itu, tingkat keinginan konsumen terhadap RSH yang dikembangkan menjadi RSH yang berwawasan lingkungan yaitu 0,6% responden menyatakan kurang ingin; 24,4% menyatakan cukup ingin dan 75% menyatakan ingin.

Sebaiknya pengembang dalam memilih lokasi perumahan walaupun berada dipinggir kota, harus tetap mempertimbangkan lokasi perumahan dekat dengan sarana pendidikan dan kesehatan. Sedangkan mengenai Keamanan Lingkungan, Kenyamanan Lingkungan, Kepemilikan Rumah dan Kreatifitas Pemilik Terhadap Rumah, bisa dikatakan telah memuaskan konsumen, diharapkan pengembang dapat mempertahankan kepuasan konsumen pada aspek-aspek ini.

 


Keywords


RSH; IPA; Berwawasan Lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.ruas.2013.011.02.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)